Kamis, 13 Desember 2012

kisi-kisi (1)


1.      jelaskan mengapa pasar oligopoli terdapat persaingan non harga dan mengapa itu bisa terjadi dan apa keuntungan bagi anggota pasar tsb??

a.       Kompetisi Non Harga (Non Pricing Competition)
Alasan mengapa adanya persaingan non- harga, yakni dilihat dari sifat output yang dihasilkan oleh pasar oligopoly yang terdiferensiasi, dan hanya beberapa perusahaan yang memegang kendali atas harga barang atau komoditi, untuk itu Dalam upaya mencapai kondisi optimal atau mencapai kondisi laba maksimum, perusahaan tidak hanya bersaing dalam harga, namun juga non harga. Adapun bentuk-bentuk kompetisi non harga antara lain sebagai berikut :
1.      Pelayanan purna jual serta iklan untuk memberikan informasi
2.      Membentuk citra yang baik terhadap perusahaan dan merek
3.      Mempengaruhi perilaku konsumen
Keuntungan yang akan didapatkan oleh anggota setelah melakukan persaingan non-harga
1.      Dapat mengetahui keadaan, Kelemahan pesaing yang nyata maupun potensial.
2.      Perusahaan dapat memprediksi reaksi pesaing dalam setiap keputusan yang akan diambil.
3.      Dapat mempengaruhi konsumen untuk memilih hasil produksinya

2.      pengangguran, inflasi, pertumbuhan ekonomi yang lambat, defisitnya neraca pembayaran luar negri. langkah apakah yang dilakukan oleh pemerintah dalam menanggulangi masalah tsb?
Hal yang harus dilakukan adalah
-          kebijakan fiscal dan kebijakan moneter yang sehat
-          penggalakan pembangunan disegala bidang
-          kebijaksanaan ekspansi ( perluasan ) sekaligus kebijaksanaan kontraksi ( penyempitan kegiatan ekonomi ) sebagai penyeimbang
-          menjaga kestabilan politik dan ekonomi dengan
a.       kebijakan diversifasi kegiatan ekonomi
b.      membangun infrastuktur
c.       meningkatkan tabungan dan investasi
d.      meningkatkan taraf pendidikan masyarakat
-          serta mengadakan kebijakan memindahkan perbelanjaan dan pengurangan pembelanjaan.

Kebijakan memindahkan perbelanjaan dimaksudkan agar Negara mengurangi berbagai macam bentuk impor dan mendorong konsumsi barang dalam negri. Dengan cara
a.       melakukan pembatasan impor.
b.      Mengurangi untuk menggunakan valuta asing
c.       Menurunkan nilai mata uang

Sedangkan kebijakan mengurangkan perbelanjaan dimaksudkan untuk mengurangi impor dengan tanpa mempengaruhi ekspor, dengan cara
a.       menaikan pajak pendapatan
b.      menaikan suku bunga dan menurunkan penawaran uang
c.       mengurangi pengeluaran pemerintah
3.      pada pasar persaingan sempurna terdapat kalimat " konsumen memiliki pengetahuan yang cukup baik tentang struktur pasar persaingan sempurna".jelaskan !

Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan di pasar Artinya bahwa pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan- perubahan atas  harga  tersebut Sehingga  produsen  tidak  dapat  menjual barangnya dengan harga yang lain lebih tinggi dan pada yang berlaku di pasa


4. tuliskan pengertian kurva isocost dan isoquant dengan menggunakan grafik!

Isocost & Isoquant
FUNGSI PRODUKSI
Yang di maksud dengan fungsi produksi adalah hubungan teknis antara factor produksi bersifat variabel produksi yang dihasilkan dalam proses produksi. Fungsi produksi dapat dituliskan sebagai berikut
Q = f(K,L)
Dimana :           Q = jumlah barang yang diproduksi
                        K = barang modal
                        L = tenaga kerja
Hukum Pertambahan Hasil yang Semakin Berkurang
dalam hubungannya dengan produksi jangka pendek, di mana satu factor peoduksi bersifat variabel  dan factor-faktor produksi lainya tetap, akan dijumpai suatu kenaikan produksi total apabila kita menambah factor produksi variabel secara terus menerus, produksi total akan bertambah terus tetapi dengan tambahan yang semakin kecil, dan setelah seatu jumlah tertentu akan mencapai maksimum dan kemudian menurun.
Produksi Jangka Panjang
yang dimaksud dengan produksi jangka panjang adalah suatu proses produksi simana semua factor produksi dapat diubah-ubah jumlahnya atau semua factor produksi bersifat variabel
Isoquant
Yang dimaksud dengan isoquant adalah kurva yang merupakan tempat kedudukan titik-titik yang menunjukan kombinasi dua factor produksi guna menghasilkan tingkat produksi yang sama. Kurva isoquant memiliki cirri-ciri sama dengan kurva indefferensi dalam teori prilaku konsumen.
Kurva isoquant menunjukkan  kombinasi dua faktor produksi yang menghasilkan jumlah produk yang sama
Contoh:

COMBINATIONS
UNITS OF CAPITAL
UNITS OF LABOUR
TOTAL OUTPUT
A
50
1
1500
B
45
2
1500
C
41
3
1500
D
38
4
1500

Sumber:  http://wikieducator.org
Isocost
Isocost adalah kurva yang menunjukan kedudukan dari titik-titik yang menunjukan kombinasi factor produksi yang dibeli oleh produsen dengan sejumlah anggaran tertentu. Kombiniasi pengunaan Ciri-ciri kurva isocost sama dengan budget line atau kurva garis anggaran dalam teori prilaku konsumen.
Kurva isocost menunjukkan kombinasi dua faktor produksi dengan  biaya yang sama.
Contoh
Combinations
Units of Capital
Units of Labour
Total expenditure
Price = 150
Price = 100
A
8
0
1200
B
6
3
1200
C
4
6
1200
D
2
9
1200
E
0
12
1200
                                                         
Sumber :  http://economicsmicro.blogspot.com
Jumlah Produksi Optimum
Perusahaan dikatakan menghasilkan produk secara optimum apabila perusahaan tersebut dengan jumlah produksi tertinggi dan pada saat itu perusahaan menghasilkan dengan kombinasi factor produksi yang paling rendah biayanya (Least Cost Combination).
Secara garis besar Least Cost Combination tercapai saat kurva isocost bersinggungan dengan kurva isoquant.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kalender enna


jam kuu

Cuteki kawaii

Blogger news

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

my dotta