Selasa, 23 Juli 2013

MATERI UTS BLK 2 DOSEN BAPAK JOKO

1.      Sebutkan persamaan anatara lembaga keuangan bukan bank dengan lembaga keuangan yang peranannya sebagai perantara keuangan.
a.       Menghimpun dana dari masyarakat
b.      Menyalurkan kembali dalam bentuk pinjaman
c.       Menyediakan likuiditas
d.      Institusi yang merealokasi pendapatran

2.      Sebutkan prinsip-prinsip asuransi, dan mana yang paling penting.
  1. Insurable interest
Merupakan hal berdasarkan hukum untuk mempertanggungkan suatu risiko berkaitan dengan keuangan, Kemudian dalam hal ini perlu menyebutkan adanya kepentingan terhadap barang yang dipertanggungkan.
  1. Utmost Good Faith atau ”itikad baik”
Dalam penetapan setiap suatu kontrak haruslah didasarkan kepada itikad baik antara tertanggung dan penanggung mengenai seluruh informasi baik materil maupun immateril.
  1. Indemnity atau ganti rugi
Artinya mengendalikan posisi keuangan tertanggung setelah terjadi kerugian seperti pada posisi sebelum terjadinya kerugian tersebut. Dalam hal ini tidak berlaku bagi kontrak asuransi jiwa
  1. Proximate Cause
Adalah suatu sebab aktif, efisien yang mengakibatkan terjadinya suatu peristiwa secara berantai atau berurutan dan intervensi kekuatan lain, diawali dan bekerja dengan aktif dari suatu sumber baru dan independen.
  1. Subrogation
Merupakan hak penanggung yang telah memberikan ganti rugi kepada tertanggung untuk menuntut pihak lain yang mengakibatkan kepentingan asuransinya mengalami suatu peristiwa kerugian. Artinya dengan prinsip ini penggantian kerugian tidak mungkin lebih besar dari kerugian yang benar-benar dideritanya.
  1. Contribution
Suatu prinsip dimana penganggung berhak mengajak penanggung-penanggung lain yang memiliki kepentingan yang sama untuk bersama membayar ganti rugi kepada seseorang tertanggung.

3.      Jelaskan manfaat anjak piutang
a.    Bagi Klien
Secara umum, manfaat jasa anjak piutang bagi klien adalah klien tmendapatkan kas langsung dari penjualannya dalam bulan berjalan dan tidak perlu menunggu waktu sampai pembayaran dari konsumen dan klien tidak perlu lagi melakukan penagihan kepada konsumen karena perusahaan anjak piutang yang akan melakukan penagihan sekaligus memberikan informasi posisi piutang kepada klien.
Namun secara khusus :
-       Manfaat yang diterima karena menerima jasa pembiayaan
-       Peningkatan penjualan
Adanya jasa pembiayaan memungkinkan klien melakukan penjualan dengan cara kredit,  dengan adanya jasa anjak piutang, klien mampu menjual secara kredit sehingga meningkatkn penjualan.
-       Kelancaran modal kerja
Jasa anjak piutang memungkinkan klien untuk mengonversikan piutangnya yang belum jatuh tempo menjadi dana tunai dengan prosedur yang relatif mudah dan cepat.
-       Pengurangan risiko tidak tertagihnya piutang
Pengalihan risiko ini sangat menguntungkan bagi kelancaran dan kepastian usaha bagi pihak klien.
-       Manfaat yang diterima karena menerima jasa nonpembiayaan
-          Memudahkan penagihan piutang
Jasa penagihan piutang yang diberikan oleh factor menyebabkan klien tidak perlu secara langsung melakukan penagihan piutang kepada nasabah.
-          Efisiensi usaha
Dengan jasa administrasi penjualan memungkinkan klien untuk mengelola kegiatan penjualannya secara lebih rapi dan efisien.
-          Peningkatan kualitas piutang
Jasa administrasi penjualan memungkinkan pemberian fasilitas kredit kepada pembeli secara lebih selektif sehingga kemungkinan tertagihnya piutang menjadi lebih tinggi.
-          Memudahkan perencanaan arus kas (cash-flow)
Jasa investigasi kredit/piutang memungkinkan klien untuk melakukan perkiraan waktu dan jumlah piutang yang dapat ditagih.
b.    Bagi Factor
-       Discount fee/charge
Fee dibayarkan oleh klien karena factor memberikan jasa pembiayaan (uang muka) atas piutang yang diberikan oleh factor. Discount fee diperhitungkan sebesar persentase tertentu terhadap besarnya pembiayaan yang diberikan atas dasar :
-          Risiko tertagih
-          Jangka waktu
-          Rata-rata tingkat bunga perbankan
-       Service/charge
Fee ini dibayarkan oleh klien kepada factor karena factor memberikan jasa nonpembayaran yang nilainya ditentukan sebesar persentase tertentu dari piutang atas dasar beban kerja yang akan dilakukan oleh factor.
c.    Bagi Nasabah
-       Kesempatan untuk melakukan pembelian secara kredit
Dengan adanya jasa anjak piutang memungkinkan klien melakukan penjualan secara kredit.
-       Layanan penjualan yang lebih baik
Jasa administrasi penjualan memungkinkan klien melakukan penjualan dengan lebih cepat dan tepat.

4.      Jelaskan tahapan pembiayaan modal ventura
1.      Early stage financing
     Perusahaan harus berdiri sendiri dimana tingkat resiko kegagalan usaha sangat tinggi
2.      Seed financing
  Pembiayaan yang dilakukan kepada perusahaan yang baru melakukan penelitian dan riset untuk mengukur viability suatu gagasan yang nantinya akan menjadi suatu proyek pembiayaan, dalam hal ini perusahaan belum memiliki keuntungan sedikitpun.
3.      Start-up financing
Pembiayaan yang dilakukan dalam rangka pengembangan produk, dan sudah mulai melakukan perencanaan kegiatan untuk diarahkan pada program pemasaran produk untuk memasuki tahap komersial.
4.      Frist round financing
Pada tahap ini usaha dan kemampuan dikerahkan untuk menyukseskan peluncuran komersial prototype produk
5.      Expansion stage
Pada tahan ini perusahaan pasangan melakukan perluasan usaha.
6.      Second round financing
Pada tahan ini gagasan telah menjadi suatu komersial produk prototype disertai dengan analisis pasar.
7.      Third round financing
Dalam hal ini perusahaan telah melakukan operasinya dengan struktur formal sehingga perusahaan dipacu untuk mempertinggi turn-overnya
8.      Bridge financing
Dalam tahap ini pembiayaan yang dilakukan untuk memperbaiki keuangan perusahaan agar lebih visible
9.      Acquisition and management buy out financing
Dalam ahap ini dana pembiayaan digunakan untuk mengakuisi perusahaan lain, membeli atau memiliki sejumlah saham perusahaan yang bersangkutan.
10.  Turn around situations
Dalam kondisi ini perusahaan mengalami kesulitan likuiditas atau bahkan perusahaan dalam keadaan bangkrut
5.      Apa yang melatarbelakangi adanya reksa dana dan apa keuntungannya bagi investor.
Banyaknya pemodal yang ingin ikut andil berinvestasi dalam bentuk efek namun memiliki dana yang minim, untuk itu reksa dana hadir sebagai jalan terbaik, dimana para pemodal tadi dapat tetap ikut berinvestasi dalam bentuk obligasi yang nantinya akan diversivikasi oleh reksadana kedalam bentuk efek,
Reksa Dana memiliki beberapa peranan dan manfaat yang menjadikan-nya sebagai salah satu alternatif investasi yang menarik antara lain:
a.      Dikelola oleh manajemen profesional
Pengelolaan portofolio suatu Reksa Dana dilaksanakan oleh Manajer Investasi yang memang mengkhususkan keahliannya dalam hal pengelolaan dana. Peran Manajer Investasi sangat penting mengingat Pemodal individu pada umumnya mempunyai keterbatasan waktu, sehingga tidak dapat melakukan riset secara langsung dalam menganalisa harga efek serta mengakses informasi ke pasar modal.
b.      Diversifikasi investasi
Diversifikasi atau penyebaran investasi yang terwujud dalam portofolio akan mengurangi risiko (tetapi tidak dapat menghilangkan), karena dana atau kekayaan Reksa Dana diinvestasikan pada berbagai jenis efek sehingga risikonya pun juga tersebar. Dengan kata lain, risikonya tidak sebesar risiko bila seorang membeli satu atau dua jenis saham atau efek secara individu.
c.       Transparansi informasi
Reksa Dana wajib memberikan informasi atas perkembangan portofolionya dan biayanya secara kontinyu sehingga pemegang Unit Penyertaan dapat memantau keuntungannya, biaya, dan risiko setiap saat.Pengelola Reksa Dana wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) nya setiap hari di surat kabar serta menerbitkan laporan keuangan tengah tahunan dan tahunan serta prospektus secara teratur sehingga Investor dapat memonitor perkembangan investasinya secara rutin.
d.      Likuiditas yang tinggi
Agar investasi yang dilakukan berhasil, setiap instrumen investasi harus mempunyai tingkat likuiditas yang cukup tinggi.
e.       Biaya Rendah
Karena reksadana merupakan kumpulan dana dari banyak pemodal dan kemudian dikelola secara profesional, maka sejalan dengan besarnya kemampuan untuk melakukan investasi tersebut akan menghasilkan pula efisiensi biaya transaksi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kalender enna


jam kuu

Cuteki kawaii

Blogger news

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

my dotta